Ciri Sperma Tidak Sehat

Banyak pria yang juga sering mengeluh memiliki sperma yang tidak sehat. Berikut ini adalah ciri-ciri dari sperma yang tidak sehat yang perlu anda ketahui adan perlu perhatian khusus, diantaranya :

1. Jumlah Sperma

Saat pria melakukan hubungan seksual atau saat ejakulasi akan mengeluarkan sperma, cairan yang keluar itulah yang disebut cairan semen. Menurut dr. Bowo, seorang pria dikatakan memiliki sperma yang normal dan baik apabila memiliki isi/volume sekitar 2-5 ml, dengan warna sperma berwarna putih mutiara, berbau langu dan memiliki keseimbangan pH 7-8. Apabila seorang pria memiliki sperma kurang dari 1,5 ml atau melebihi 5 ml dikatakan memiliki sperma tidak normal.

Jumlah normal dari sel sperma atau spermatozoa sekitar 20-40 juta/ml. Seorang pria yang kurang memiliiki sel sperma disebut Oligozoospermia dan Pria yang sama sekali tidak memiliki sel sperma disebu Azoospermia. Di dalam cairan semen terdapat zat-zat lain yang berasal dari kelenjar-kelenjar di sekitar reproduksi pria. Zat-zat yang ada di dalam cairan semen berfungsi sebagai penyuplai makanan dan mempertahankan kualitas spermatozoa sehingga dapat mempertahankan hidup sperma yang masuk ke dalam saluran reproduksi wanita.

2. Kelainan Bentuk (Morfologi)

Sperma yang normal berbentuk seperti kecebong yang terdiri dari kepala, tubuh dan ekor. Kelainan bentuk sperma seperti tidak memiliki ekor, kepala kecil sehingga dapat mempengaruhi pengerakan sperma dan mempersulit keluarnya sperma menuju sel telur.

3. Pergerakan Lemah

Untuk mencapai sel telur dibutuhkan sperma yang sehat dan memiliki bentuk pengerakan sperma serta jumlah sperma yang normal. Jika jumlah sperma sedikit namun pengerakan sperma cepat akan dapat membuahi sel telur, dan sebaliknya jika jumlah sperma yang dihasilkan cukup banyak namun tidak memiliki pengerakan lambat tidak akan bisa membuahi sel telur.

Dibawah ini merupakan gambaran gerakan sperma yang tidak sehat dan jumlah sperma yang sedikit

Gerakan spermatozoa dibagi menjadi 4 bentuk, diantaranya :

a. Sperma bergerak cepat dan maju lurus

b. Sperma bergerak lambat dan sulit mau lurus

c. Sperma tidak bergerak maju ( diam di tempat )

d. Sperma tidak bergerak sama sekali

Lemahnya pengerakan sperma disebut asthenozoospermia dan sperma yang mati disebut necrozoospermia.

Untuk lebih memahami dan membaca bentuk sperma diatas, adalah :

Jika sperma seorang pria memiliki gerakan normal dengan bentuk gerakan sperma ( a ) lebih besar atau sama dengan 25 % atau bentuk gerakan sperma ( b ) lebih besar atau sama dengan 50 %. Gerakan sperma yang normal satu sama lain terpisah dan bergerak sesuai arahnya masing-masing, sedangkan gerakan sperma yang tidak normal gerakan bergerombol, berikatan satu sama lain dan tak bergerak. Gerakan sperma tersebut disebut Aglutinasi. Aglutinasi dapat terjadi karena terjadi kelainan imunologis dimana sel telur menolak sel sperma.

4. Cairan Semen Terlalu Kental

Jika cairan semen atau sperma yang terlalu kental mengakibatkan sperma sulit bergerak dan tidak mampu membuahi sel telur. Namun hal ini dapat dibantu dengan meng-ejakulasikan agar sperma yang kental menjadi encer ( liquifaksi ) antara 15-60 menit.

5. Saluran Tersumbat

Sperma akan keluar dari testis menuju penis melalui saluran yang sangat halus. Namun jika saluran yang sangat halus itu tersumbat, maka sperma tidak dapat keluar. Hal ini bisa dilatar belakangi akibat adanya benturan, kurang menjaga kesehatan , kebersihan dan mungkin saat anda melakukan olahraga tidak menggunakan pengaman pada alat vital agar tidak terjadi gunjangan. Sehingga mendukung perkembangan virus, bakteri dan kuman.

6. Kerusakan Testis

Testis adalah tempat memproduksi sperma. Testis juga dapat terganggu karena virus dan berbagai infeksi seperti gondongan, gonorrhea, sifilis, dan sebagainya. Untuk itu disarankan senantiasa menjaga keseimbangan pH, kebersihan agar dapat menghasilkan sperma yang berkualitas baik. Testis merupakan jaringan- jaringan penghasil sperma selain semen, terganggunya testis mungkin saat melakukan hubungan seksual, saat sperma keluar namun tanpa sel sperma (azoospermia).


=====================================

>>> Kapsul Herbal ProMale adalah Kapsul Khusus Pria Dewasa Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma, Mengentalkan Sperma, Menyuburkan Sperma, Melancarkan Aliran Darah Ke Testis Serta Meningkatkan Hormon Testosteron, Membuat Sperma Menjadi Sehat, Pria Lebih Perkasa, Gairah Seksual Meningkat Dan Stamina Seksual Terjaga, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Ciri-ciri Sperma Sehat, Sperma Sehat and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>